POLYBAG Untuk Rakyat

Harga cabai rawit di Jakarta per 10 Januari 2023 mencapai Rp 74.673 per kilogram. Pada periode yang sama Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok Kementerian Perdagangan mencatat harga cabai rawit merah di DKI Jakarta naik 34,4 persen dibandingkan bulan lalu menjadi Rp 75.400 per kilogram.


Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi mengungkapkan jika pemerintah berencana akan membagikan polybag. Berdasarkan prediksi pemerintah akan membagikannya tiga bulan sebelum harga cabai melonjak.
 
“Setiap bulan atau awal tahun begini (harga) cabai itu tinggi, nah kedepannya polybag tiga bulan sebelumnya bisa disebar di masyarakat,” kata Arief dilansir dari tempo, Rabu 11 Januari 2023.

Selain berencana membagikan polybag, pemerintah juga berencana untuk menyediakan teknologi heat pump dryer. Alat tersebut berfungsi untuk mengeringkan cabai hasil panen yang lembab sehingga cabai tersebut bisa disimpan dalam jangka waktu lama.
 
“Kemudian ada juga yang cabai keringnya kemudian nanti direndam lagi kemudian dicampur dengan cabai yang fresh. Itu sebenarnya juga rasanya sama,” imbuhnya.

Sebelumnya Menko Maritim & Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengibaratkan ancaman resesi ekonomi pada tahun 2023 itu dengan istilah perang rakyat semesta. Salah satu hal yang dijaga oleh pemerintah ialah angka inflasi terutama dari sektor pangan.

"Itu saya gunakan istilah tentara, perang rakyat semesta," ungkap Luhut.

Imbauan menanam cabai dan sayur mayur sendiri selain disampaikan oleh Menko Marves, Luhut juga disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian. Mendagri bahkan mengintruksikan aparatur desa untuk menggalakan gerakan menanam cabai sendiri. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar